Syarat Kambing Aqiqah Sesuai Syariat Islam

Budaya aqiqah di Indonesia sebenarnya merupakan salah satu bagian dari syariat Islam yang dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas kelahiran seorang buah hati. Cara penyelenggaraan aqiqah yang sesuai dengan syariat Islam yaitu dengan menyembelih satu ekor atau dua ekor kambing aqiqah yang kemudian kambing tersebut dibagikan ke orang terdekat seperti tetangga dan sanak saudara.

Syarat Kambing Aqiqah

Aqiqah yang merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam tentu memiliki beberapa ketentuan dan kriteria dalam penyelenggaraannya. Aqiqah sendiri memiliki aturan dari mulai kondisi kambing seperti usia hingga kesehatannya, cara pemotongan hewan harus sesuai dengan syariat Islam, hingga cara membagikannya ke orang lain. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Tidak Ada Batasan Jenis Kelamin Hewan Aqiqah

Menurut Islam, tidak ada syarat khusus mengenai jenis kelamin hewan apakah yang dapat diterima untuk aqiqah. Jika di pasaran umumnya hewan kambing jantan lebih mahal ketimbang betina, maka Anda pun sah-sah saja jika lebih memilih hewan kambing berjenis kelamin betina.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bahwa tidak ada larangan atau mudhorot dalam pemilihan jenis kelamin hewan kambing untuk aqiqah, apakah itu jantan ataukah betina. Hadist ini terdapat di dalam HR. Ashabus Sunan serta sudah dinilai shahih oleh Syeikh Al-Albany.

  1. Boleh Kambing Berambut dan Berbulu Tebal

Jenis kambing yang umumnya tersedia di pasaran adalah kambing dengan rambut seperti yang umum kita temukan di kampong, ataupun jenis domba yang memiliki bulu lebih tebal. Anda dipersilahkan untuk memilih antara kambing dengan rambut ataukah domba yang memiliki bulu yang lebat. Tentunya disesuaikan dengan ketersediaan kambing aqiqah Jakarta di lingkungan Anda.

  1. Kambing Terbebas dari Cacat

Jenis-jenis kecacatan yang diidap baik oleh hewan untuk aqiqah maupun kurban sehingga menyebabkan tidak sahnya ibadah tersebut adalah sama. Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa ada empat jenis cacat yang menghalangi hewan untuk dijadikan kurban maupun aqiqah.

Cacat yang pertama adalah hewan tersebut menderita kebutaan sebelah, dan orang-orang bisa melihat kebutaannya tersebut dengan jelas. Kedua adalah diidapnya suatu penyakit serta tanda terserangnya penyakit tersebut juga sangat jelas. Cacat ketiga adalah hewan tersebut mengalami pincang dan tanda pincang tersebut juga terlihat jelas. Keempat hewan yang sangat kurus hingga sumsum tulangnya tak ada.

  1. Penyembelihan Sesuai Sunnah

Tata cara memotong juga harus diperhatikan. Jangan sampai cara penyembelihannya menyalahi sunnah yang diajarkan dalam agama.

Harga Kambing Aqiqah

Harga kambing untuk aqiqah tentu berbeda bergantung dari lokasi tempat Anda memesan. Misalnya untuk daerah Jabodetabek seperti Jakarta Utara umumnya harga kambing berkisar Rp 1,2 jutaan untuk betina yang tidak terlalu gemuk hingga Rp 3 jutaan untuk jantan yang sangat gemuk hingga bisa menghasilkan 550 porsi tusuk sate.

Umur Kambing Aqiqah

Selain beberapa kriteria dapat diterimanya hewan aqiqah di atas, dalil menunjukkan bahwa usia kambing aqiqah juga harus diperhatikan agar diterimanya aqiqah yang dilaksanakan. Untuk usia sendiri sebenarnya ada perbedaan antara hewan kambing berambut seperti yang umum ditemukan di perkampungan, ataupun hewan jenis domba berbulu lebat.

  1. Kambing

Usia yang disyariatkan untuk hewan kambing adalah minimal 1 tahun atau sudah akan masuk tahun kedua.

  1. Domba

Usia yang disyariatkan untuk hewan domba adalah minimal 6 bulan atau sudah akan masuk bulan ketujuh.

Jual Kambing Aqiqah

Meski sekilas hampir sama, namun terdapat perbedaan dalam hal pembagian hewan aqiqah dan juga hewan kurban. Perbedaan utamanya adalah bahwa hewan aqiqah harus Anda bagikan ke orang lain dalam bentuk sudah dimasak sementara kambing kurban masih dalam bentuk daging segar. Oleh karena itu seringkali orang lebih memilih menggunakan jasa aqiqah karena kepraktisannya.

Di masyarakat sendiri ada beberapa jasa aqiqah yang menyediakan daging aqiqah sudah dimasak dan siap antar. Membeli kambing aqiqah dalam bentuk paket sudah dimasak memiliki keuntungan dari segi kepraktisannya apalagi untuk Anda yang tinggal di daerah Jabodetabek seperti Jakarta Pusat yang memang memiliki rutinitas super sibuk.

Salah satu penyedia jasa penyelenggaraan aqiqah terbaik di Jabodetabek seperti Jakarta Timur, Jakarta Barat, Depok dan sekitarnya yakni Yasmin Aqiqah.

Melalui yasminaqiqah.com, Anda bisa memesan berbagai paket aqiqah untuk tasyakuran buah hati Anda. Jasa Yasmin Aqiqah akan mengurus semua keperluan aqiqah anak Anda dari mulai pemotongan, pemasakan hingga pengiriman ke rumah Anda.

Ada kurang lebih 7 paket jual kambing aqiqah yang ditawarkan oleh Yasmin Aqiqah. Harga paket ini bergantung kepada besar kambing yang dipilih dan jenis kelamin kambing tersebut. Besar kambing akan  menentukan jumlah porsi olahan kambingny yang didapatkan. Misal paket paling murah adalah paket Tasyakuran dengan harga Rp 1.250.000an untuk kambing betina dan Anda mendapatkan 200 tusuk sate.

Alamat Kantor Yasminaqiqah

Untuk info harga dan pemesanan aqiqah jakarta, bisa langsung ke kantor kami di Jalan K2 No. 31 RT.09 RW. 05 Plumpang B, Kel. Rawa Badak Selatan, Kec. Koja, Jakarta Utara 14230 atau kunjungi website kami di yasminaqiqah.com. Layanan terbaik dari kami, harga murah, halal dan enak. Siap kirim ke seluruh area jabodetabek.

Info Pemesanan Aqiqah Jakarta

Hubungi CS Kami : 0822-9881-7522 (klik sekarang untuk terhubung langsung ke aplikasi whatsapp).

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *